Sabtu, 09 Oktober 2010

tanggungjawab perkataan

kadang seseorang yang telah berbohong rela untuk terus menutupinya dengan kemarahan
kadang seseorang yang merasa gagal, sering menyalahkan keadaan sekitar
kadang seseorang yang ingin dilihat pahlawan, akan memaparkan segala kejadian
kadang seseorang yang baik, akan senang membuat orang sekitarnya berkata, "kamu baik"
kadang seseorang yang tidak paham, akan menunjukkan pemikirannya yang kosong
kadang seseorang yang perkataannya sempurna, dia hanya ingin dilihat lebih pintar

saya mengalaminya. kenapa harus berkata, "yang diatas bukan saya"
dan kenapa juga harus berkata, "oh, ini kamu aslinya? saya enggak gitu"
manusia senang kalau merasa dirinya lebih baik dari orang lain, manusia senang bila dirinya bercerita tentang hidup dia, tapi lupa akan perkataannya yang kosong.

dia tidak pernah lupa, akan kesalahannya
tidak ada manusia yang lupa akan dosa-dosanya
hanya saja, perasaan bersalah yang memaksa dia melupakan segala kesalahannya
karena terlalu berat untuk diingat, terlalu lemah untuk mengakuinya
bijaklah akan kesalahan.
dan tutup mulut lah ketika sedang melihat kejadian
ingat kan dirimu, kalau kamu juga bukan manusia yang baik, dan jangan lah seperti
manusia tanpa dosa, memandang sinis ke orang lain

saya sudah terlalu muak, dengan perkataan
muak dengan kemunafikan
muak dengan perkataan baik
muak dengan sikap yang baik
muak dengan tidak adanya tanggungjawab antara perkataan dan sikap

hei! jangan lah kamu merasa, dirimu hebat, dirimu pahlawan, dirimu bijak
bukan saya yang iri melihatmu seprti itu
tapi saya melihat, tidak ada konsistensinya antara perkataanmu dan sikapmu
korelasinya masih tidak nyata
patutkah rasa itu dibanggakan, jika kamu sendiri tidak mengusahakan itu ada

saya hanya melihat, semoga pandangan saya salah
semoga dirmu memang benar-benar orang yang bertanggungjawab
dan, semoga ketidakbaikan tidak didekatkan kepada siapa pun

matahari telah berkata, 'selamat pagi'
ayam telah mengajak, 'ayo berjuang'
pohon telah berujar, 'berjalanlah, aku ada melindungimu'

sabtu ini, saya mulai dengan pekerjaan :)

pagi sabtu oktober

Tidak ada komentar: