Senin, 12 April 2010

coklatku..

Coklat dan Es teh manis

makanan sama minuman yang mengandung gula yang tinggi
banyak banget sekarang penyakit aneh bermunculan, semua itu didasari dari pola makan yang sembarangan
dan jajan makanan yang enggak bersih, dulu kalo orang jualan masih jujur
sekarang para penjual di jalanan, makanannya rata-rata udah olahan semua
ada yang dicampur formalin, biar awet, ada yang dicampur pewarna baju, biar warna makanannya bagus
itu semua ngebuat gue eneg, baru-baru ini beli baso yang lewat depan rumah
pertama kali suap, emmmmhh... rasa basonya aneh, gurih yang berlebihan dan gue jadi parno
keinget tayangan-tanyangan investigasi, memang bukan berita lagi, rata-rata daging baso diolah sama ati,daging ayam yang udah busuk terus diadon sama penyedap rasa
sore itu, tadinya gue laper banget, jadi gak bisa makan, cuma makan mie nya ajah, sama baso kecilnya 3 yang lainnya dibuang..

gue juga pernah liat di kp.rambutan, abang jualan buah, dengan cueknya nambahin butiran putih terus diratain diatas semangka, gue langsung mikir kalo itu gula tambahan
tapi butirannya gede-gede dan enggak halus.. yah, apapun itu, harus hati-hati jajan di jalan

sebetulnya, juga takut kalo mesen es teh manis, di warteg, cafe, dimana aja
gula yang mereka pake itu dari apa? takutnya gula yang gak bersih dan blablabla lainnya
untuk ganti-ganti minuman, gue lebih milih jus buah biar ada serat yang masuk

cemilan lain, yang ngebuat gue jadi tergila-gila, coklat!
sungguh mati aku suka padanya :D
bisa nyemilin berkotak-kotak seharian hehehe
pola yang enggak baik, gue sejak ngeliat orang-orang disekitar ada yang kena diabetes
gue jadi takut sama makan makanan yang manis-manis
lebih hati-hati lagi sama pola makan
harus banyak olahraga, harus banyak makan buah, harus ngurangin gula

abang iparku dan keluarganya kena diabetes
dan mbak aku sekarang jadi satpam kecil-kecilan buat suaminya
disuruh ngurangin gula, karena udah seminggu lebih ini ibu masuk RS karena diabetes
ada luka, dan kakinya harus dibedah
bahayanya sakit diabetes dan sehat itu memang hal yang harus kita syukurin

seminggu lebih dirumah sakit, keadaan ibu makin tidak bagus
gue baru tau, kalo sakit diabetes akan jadi ribet di makanannya
kalo makan ini berlebihan, kebanyakan gula
kalo enggak makan itu, nanti proteinnya enggak ada
wuah, jadi rumit, akhirnya karena protein ibu kurang dari rata-rata
ibu harus konsumsi obat protein yang satu hari, harganya satu setengah juta
waw! edan sekali yah harga obat..
ibu jadi tambah dirawat di rumah sakit, semoga uda dan bapak diberikan kemudahan oleh Allah

tadi malem gue mau kerumah sakit sama mama, kita udah siap-siap mau pergi
tapi uda, dengan minta maaf, lebih mohon jangan ke rumah sakit dulu karena besok uda mau berangkat ke pontianak, takutnya ibu mau ngomong petuah-petuah


enggak lama uda sama mbak ia ke rumah sakit,
ada pesan singkat dari m'ia
"ma, ibu udah pake tabung oksigen, udah kena ke paru, ginjal, kata dokter takutnya kena ke otak, takut stroke"
kaget lah pas bacanya, kenapa jadi parah seperti itu?
kasian uda, biaya rumah sakitnya pasti tambah banyak
sedangkan uda harus pergi dinas besok ke pontianak


nunggu m'ia pulang dari rumah sakit, gue ketiduran
dan dibangunin sama mama, udah jam setengah 12
'de, bangun, ibunya uda udah meninggal'





Innalillahi wa innalillahi roji'un
semoga amal ibadah ibu diterima di sisi Allah dan ibu diberikan tempat yang terindah di surga.
amiiiiin..

Tidak ada komentar: