Selasa, 18 Mei 2010

saya Nanang! (ya ya ya..)

sorry. mungkin satu kata sebelum posting ini.

"gini yah mbak, saya kerja di kompas, jadi tinggal tunggu aja ya beritanya.."
heh? kuping gue panas banget ngedengernya.. masih jaman ya ngancem dengan cara gitu?
gue mengkategorikan kalimat diatas sebagai anceman kecil
seperti ada kata linggis untuk melancarkan sebuah tujuan

kejadiannya,
seorang bapak, yang keliatan capek banget masuk ke gerai
'mbak, lagi sibuk ya?'
karena ada kartu yang belum aktif, posisi gue lagi megang FLP dan hape..
'sore pak, silahkan..'
si bapak ngejelasin kronologis kartunya reject. gue langsung cek data pelanggan
gue yakin bapak ini, tau nama registrasinya bukan atas nama dia, karena dia bilang, namanya itu nama anak saya
gue cuma ngejelanin alur sesuai prosedur, lampirin fotokopi KK kalo mau kartunya diganti
eh si bapak, malah nyeleneh ngomongnya

"gini yah mbak, saya kerja di kompas, jadi tinggal tunggu aja ya beritanya.."
"Saya Nanang, mbak!"
gue cuma senyum-senyum ajah
dan dia mempertegas lagi, kalimatnya
"tunggu aja ya mbak, mbak dengan nama siapa?"
"Saya, Fenny" :)
"saya cuma sesuai prosedur aja pak" lagi-lagi senyum tetap dikembangin, meski kuping gatel banget denger kalimat dia
"Prosedur itu kan cuma ada di Indonesia. mau diminta berapa, saya bayar kok"
"karena engga bisa, t***s*l berbelit-belit, jadi tinggal tunggu aja"
gue cuma bisa bilang, "terima kasih, pak"
dia enggak bilang, tunggu apa..
tunggu berita di surat pembaca, tunggu berita di koran pulsa
tapi, untung aja pak Nanang, enggak nyebutin profesinya di kompas
kalo dia nyebut aja, udah bisa gue jadiin berita di dunia maya.

dia sempet, ngedumel sebelum keluar gerai
tapi kocaknya, enggak lama dia masuk lagi, nyari kunci motor
"sial banget hari ini" (gue lupa, dia bilang apes apa sial)

gue cuma bilang, "makanya pak, jangan marah-marah" tapi berani ngomongnya pas Pak Nanang udah keluar gerai

dia sempet ninggalin kertas, coretan nomor handphone dia
"kenang-kenangan dari saya, Nanang!"
"terima kasih, pak Nanang" :)


kenapa sulit mengatur budaya malas
kenapa ingin menggampangkan semuanya
kenapa berat buat ngantri
coba kalo semuanya mengerti akan aturan, enggak ada praktek kotor di indonesia
kemudahan itu pasti ada asal bukan mengada-ngada
coba deh hormatin aturan, ikutin prosedur, coba hidup bersih

jadi, yang aneh-aneh berkurang..



Saya Fenny.. enggak suka sama orang yang ngancem
enggak suka sama orang yang ingin berkuasa
apalagi menjual sebuah nama lembaga/institusi atau sebuah jabatan
sumpe, enggak ngaruh di gue..

Tidak ada komentar: