Sabtu, 02 Agustus 2008

hanya menjual kesedihan

menjamurnya anak jalanan, udah ngebuat kita gak terlalu iba lagi ngeliat mereka
apalagi kalau ada yang ngerokok, pasti diantara kita langsung ilfil pas ngeliatnya..
mungkin ada yang terlontar,
'gila, jadi kalo gue ngasih uang ke mereka, dipake buat ngerokok dong? males ahh gw ngasih lagi'

bukan satu-dua orang yang berpikiran seperti itu.

dulu saya sering naek kereta ekonomi, segala bentuk kehidupan ada disitu.
semua elemen juga ada disana, kata siapa yang naek kereta ekonomi hanya orang-orang yang menengah kebawah, ada juga orang kaya..

eitss..kata siapa orang kaya yang saya maksud adalah orang kaya harta..hahaha..
sudahlah nanti jadi panjang

waktu itu saya pulang malem,..
abis wawancara kerjaan, di stasiun tebet saya janjian sama kakak saya
saya naek dari tebet, di udah dikereta dari kota.

didalem kereta, udah ada anak kecil duduk disebelah kakak saya.
saya mikir,'anak siapa yah? ah mungkin ibu-nya ada di sini, tapi ibu-nya yang mana yah?'
karna dari tadi engga ada yang ngajak ngobrol anak itu.

lama-lama, saya ngobrol dengan anak itu
ternyata dia penjual kaset DVD bajakan, hari itu..
hari pertama dia ngejual kaset DVD di kota, saya ngeliat film yang dia jual, ada ayat-ayat cinta
(ayat-ayat cinta baru ajah di liris)
dari 10 film yang di bawa, cuma dua yang belum laku..
dan katanya hasilnya lumayan..
cuma memang lebih berat karna dia jualan dari siang hari sampe malem
dan saya yakin, anak ini belum makan..

tapi dia sopan sekali, ketika saya kasih susu kotak, dia menolak..
dan bener-bener gak mau..

wuah..jarang kan?ada yang seperti itu..
dia jualan karena pengen ngebantu orang tua, selama ini dia jualan keripik tapi untungnya gak terlalu gede
dan kayanya dia udah mulai mantap jualan DVD bajakan karna untungnya cukup buat sehari-hari

pastinya orang perfilman, benci dengan pembajakan
saya juga ga suka dengan pembajakan..
tapi mulia juga yah kita
kalau memang mereka harus makan dari 'hasil kerja keras kita'
kita mesti ngomong apa?

coba dipikirin,..
kalau kita rame-rame men-stop membuat film, stop buat musik karna ga mau dibajak
mereka yang hidup dari kita, mau makan apa?

dillema yaaah..
sedih juga
tapi kesel juga

kesel kalau kita inget perjuangan kita
sedih kalau inget, ternyata mereka bisa makan karena karya kita..

balik ke anak kecil itu, akhirnya dia turun di bojong
dan tetep, dia saya paksa buat bawa susu kotaknya hehehe

saya pengen menjadikan diri saya bagian dari mereka
berbagi di kolong jembatan, mengisi waktu mereka dengan mengajari mereka belajar, membuat mereka menjadi pintar dan berguna



yuuuk, sama-sama membuat diri ini milik mereka..


buat kalian :
'tetap semangat adik-adikku disana'

1 komentar:

aq setia mengatakan...

Dibawah Biru-Mu aq Berjalan
Didalam Bumi-Mu aq Diuji